Jumat, 12 September 2014

Makalah Tentantang Penganguran

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Perekonomian  Indonesia  sejak  krisis  ekonomi  pada  pertengahan  1997, membuat kondisi ketenagakerjaan  Indonesia  ikut  memburuk.  Sejak  itu,  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia juga tidak pernah  mencapai  8-7  persen.  Padahal,  masalah  pengangguran  erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi.   Jika   pertumbuhan   ekonomi   ada,  otomatis   penyerapan   tenaga  kerja  juga  ada.  Setia pertumbuhan  ekonomi  satu  persen,  tenaga  kerja  yang  terserap  bisa mencapai 400 ribu orang. Jika pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  hanya  3-4  persen,  tentunya  hanya akan menyerap 1,6 juta tenaga kerja,  sementara  pencari  kerja  mencapai rata-rata 2,5 juta pertahun. Sehingga, setiap tahun pasti ada sisa  pencari  kerja  yang  tidak  memperoleh  pekerjaan  dan  menimbulkan  jumlah  pengangguran  di Indonesia bertambah. Bayangkan, pada 1997, jumlah pengangguran terbuka mencapai 4,18 juta.
Selanjutnya, pada  1999  (6,03  juta),  2000 (5,81  juta),  2001  (8,005 juta), 2002 (9,13 juta), 2003 (11,35 juta). Sementara itu, data pekerja dan pengangguran menunjukkan, pada 2001 ; usia kerja (148,730 juta), angkatan kerja (100,779 juta),  penduduk yang kerja (91,647 juta), penganggur terbuka (9,132  juta),  setengah   penganggur   terpaksa   (28,869   juta),  setengah  penganggur  sukarela  tidak diketahui  jumlah pastinya. Hingga tahun 2002 saja telah banyak pengangguran, apalagi di tahun 2003 hingga  2007  pasti  jumlah  pengangguran semakin bertambah dan mengakibatkan kacaunya stabilitas perkembangan  ekonomi Indonesia. Hal itulah yang membuat kami merasa tertarik untuk mengangkat sebuah tema serba-serbi masalah pengangguran terhadap ekonomi.

B.       Rumusan Masalah
Setelah   melihat   pemaparan   latar   belakang   diatas,   kami   merumuskan  beberapa hal yang dijadikan rumusan masalah dalam makalah ini antara lain :
1.         Apakah yang dimaksud pengangguran itu ?
2.         Ada berapakah mecam-macam pengangguran itu ?
3.         Bagaimanakah dampak pengangguran terhadap kehidupan perekonomia, dan kehidupan sosial masyarakat ?
4.         Bagaimanakah cara mengatasi pengangguran ?


C.      Tujuan Penulisan
Dalam penulisan suatu makalah tentunya  harus   memiliki  beberapa  hal yang direncanakan sebagai tujuan penulisan. Adapun tujuan penulisan makalah ini ialah :
1.         Makalah ini di buat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
2.         Dapat menambah wawasan tentang macam-macam pengangguran dan dampaknya.
3.         Memberikan solusi dalam mengatasi masalah pengangguran.





























BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Tentang Pengangguran
Penganguran   adalah   sebutan   untuk   suatu   keadaan  dimana  masyarakat  tidak  bekerja. Menganggur  adalah  mereka yang tidak mempunyai pekerjaan dalam kurun waktu seminggu sebelum pencacahan   dan   sedang   berusaha   mencari   pekerjaan   dan  ini mencangkup mereka yang sedang menunggu panggilan terhadap lamaran kerja yang diajukan atau  sedang  tidak  mencari  kerja  karena beranggapan tidak ada kesempatan kerja yang tersedia untuk dirinya walaupun dia  sanggup. Keadaan yang  ideal,  diharapkan  besarnya  kesempatan  kerja sama  dengan besarnya angkatan kerja, sehingga semua angkatan kerja akan mendapatkan pekerjaan. Pada  kenyataannya  keadaan  tersebut sulit untuk dicapai.  Umumnya  kesempatan  kerja  lebih  kecil  dari  pada  angkatan  kerja,  sehingga tidak semua angkatan kerja akan mendapatkan pekerjaan, makatimbullah penggangguran.

B.       Macam-macam Penangguran
Ada   beberapa   macam   pengangguran   yang  digolongkan  berdasarkan  lama  waktu  dan penyebab terjadinya, antara lain :
1.    Macam Pengangguran Berdasarkan Lama Waktu Kerja
a.    Pengangguran  terbuka  ( open unemployment ),  yakni  tenaga  kerja  yang  benar-benar  tidak memiliki pekerjaan (sama sekali  tidak bekerja). Pengangguran ini terjadi karena tidak adanya lapangan   pekerjaan   atau   karena   ketidaksesuaian   lapangan   kerja  dengan  latar belakang pendidikan dan keahlian tenaga kerja.
b.    Setengah menganggur  ( under unemployment ), yakni tenaga kerja yang bekerja, tetapi bila di ukur  dari  sudut  jam  kerja,  pendapatan,   produktivitas  dan  jenis  pekerjaan  tidak  optimal.
c.    Pengangguran  terselubung  ( disguised unemployment ), yakni  tenaga kerja yang bekerja tapi tidak sesuai dengan latar  belakang  pendidikan   atau  keahliannya. Misalnya, seorang lulusan S1  pertanian   bekerja  sebagai  tenaga   pembukuan,   atau  seorang  insinyur  teknik,  bekerja sebagai pelayan restoran.    



2.    Macam Pengangguran Berdasarkan Penyebab Terjadinya
a.       Pengangguran  structural,  yakni  pengangguran  yang  disebabkan oleh terjadinya perubahan struktur  perekonomian.  Misalnya,  perubahan  struktur dari agraris ke industri, perubahan ini menuntut  tenaga kerja memiliki  keterampilan  tertentu  (misal  keterampilan mengoperasikan mesin  teknologi  modern)  untuk  bisa  bekerja  disektor  industri.  Tenaga  kerja  yang  tidak memiliki   keterampilan   tersebut   akan   ditolak   oleh   sector   industri,  sehingga  terjadilah pengangguran.
b.      Pengangguran  konjungtural,  yakni  pengangguran  yang  disebabkan  oleh  pergerakan  naik turunnya  kegiatan  perekonomian  suatu  Negara.  Ada masa pertumbuhan (naik), masa resesi (turun),  dan  masa  depresi  (turun).  Pada  masa  resesi  dan  depresi,  masyarakat  mengalami penurunan  daya beli sehingga permintaan terhadap barang dan jasa juga menurun. Penurunan ini mengharuskan produsen  mengurangi  produksi  barang  dan jasa, diantaranya dengan cara mengurangi junlah pekerja sehingga terjadilah  pengangguran. PHK yang terjadi karena krisis ekonomi tahun 1997 di Indonesia adalah contoh pengangguran siklikal.
c.       Pengangguran  friksional,   yakni   pengangguran   yang  disebabkan  oleh  pergeseran (friksi) pekerja yang ingin bergeser (berpindah) dari satu perusahaan ke perusahaan lain dalam rangka mencari  pekerjaan  yang  lebih  bagus  dan cocok. Sementara mencari pekerjaan baru, pekerja menganggur untuk sementara waktu, sambil mencari pekerjaan yang di inginkan. Oleh karena itu,  pengangguran   friksional   disebut   juga  pengangguran  sukarela,  karena  terjadi  karena keinginan pekerja sendiri.
d.      Pengangguran musiman, yakni  pengangguran  yang  disebabkan  oleh perubahan musim atau perubahan permintaan tenaga kerja secara berkala. Pada umumnya, setelah panen, petani akan menganggur  sambil  menunggu  masa  tanam. Contoh lain misalnya pada masa pembangunan gedung,  tukang  bangunan  bisa  bekerja.  Tetapi  bila  gedung  telah selesai dibangun, tukang bangunan menjadi pengangguran musiman sambil menunggu pembangunan berikutnya.






C.      Dampak Pengangguran
Pengangguran   sangat   berdampak   pada  kehidupan  perekonomian  dan  kehidupan  sosial masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang menurun, dan bahkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang menurun  adalah  salah satu dampak pengangguran. Berikut beberapa dampak pengangguran terhadap perekonomian dan kehidupan sosial ;
1.    Menurunkan Aktivitas Perekonomian
Pengangguran  menyebabkan  turunnya  daya  beli  masyarakat.  Daya  beli masyarakat yang menurun menyebabkan turunnya permintaan terhadapbarang dan jasa. Hal  ini mengakibatkan para pengusaha dan investor tidak bergairah melakukan perluasan dan pendirian industri  baru  sehingga aktivitas perekonomian menjadi turun.
2.      Menurunkan pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Perkapita
Orang  yang  tidak  bekerja  (menganggur)  tidak  akan  menghasilkan  barang  dan  jasa.  Itu berarti  semakin  banyak  orang  yang  menganggur   maka  PDB  (Produk  Domsetik  Bruto)  yang dihasilkan akan menurun. PDB yang menurun akan menyebabkan turunnya pertumbuhan ekonomi sekaligus  turunnya  pendapatan  per-kapita.  Pendapatan  per-kapita  juga turun karena pendapatan per-kapita di peroleh dengan rumus :
Jika pendapatan per-kapita turun maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga ikut turun.
3.      Meningkatkan Biaya Sosial
Pengangguran   juga   mengakibatkan   meningkatnya  biaya  sosial.  Karena,  pengangguran mengharuskan  masyarakat  memilkul  biaya - biaya  seperti  biaya  perawatan  pasien  yang  stress (depresi) karena menganggur, biaya keamanan dan  biaya  pengobatan akibat meningkatnya tindak kriminalitas  yang  dilakukan  oleh  penganggur,  serta  pemulihan  dan  renovasi  beberapa  tempat akibat domenstrasi dan kerusakan yang di picu oleh ketidak puasan  dan  kecemburuan  sosial para penganggur.
4.      Menurunkan Tingkat Keterampilan
Dengan   menganggur,   tingkat   keterampilan   seseorang   akan   menurun.  Semakin  lama menganggur, semakin menurun pula tingkat keterampilan seseorang.
5.      Menurunkan Penerimaan Negara
Orang  yang  menganggur  tidak  memiliki  penghasilan  ( pendapatan ). Itu  berarti  semakin banyak orang yang menganggur, akan semakin turun pula penerimaan Negara  yang  diperoleh dari pajak penghasilan.
D.      Cara Mengatasi Pengangguran
Pengangguran   ada   beberapa   macam,   yaitu   pengangguran   struktural,   pengangguran konjungtural (siklikal), pengangguran friksional, dan pengangguran musiman.
Berikut ini akan diuraikan cara-cara mengatasi berbagai macam pengangguran :
1.        Cara Mengatasi Pengangguran Struktural
Pengangguran structural terjadi karena perubahan struktur ekonomi, misalnya dari agraris ke industry. Untuk mengatasi pengangguran structural bisa dilakukan cara-cara berikut;
a.    Memindahkan para pengangguran ketempat yang lebih membutuhkan.
b.    Membuka  pendidikan  dan  pelatihan  bagi  para  pengangguran agar dapat mengisi lowongan pekerjaan yang sedang membutuhkan.
c.    Mendirikan industry dan proyek padat karya untuk menampung para penganggur.
d.   Meningkatkan  mobilitas  (perputaran)  modal  dan  tenaga  kerja  agar mampu menyerap para penganggur.
e.    Menyadarkan   masyarakat   akan   pentingnya   menguasai  teknologi  modern  dalam  rangka menyesuaikan struktur perekonomian.
2.        Cara Mengatasi Pengangguran Konjungtural (Siklikal)
Pengangguran konjungtural terjadi  karena naik turunnya kegiatan perekonomian yang suatu saat   mengakibatkan  turunnya  daya  beli   masyarakat  yang   di  ikuti  oleh  turunnya  permintaan terhadap  barang  dan  jasa. Untuk  mengatasi pengangguran konjungtural, bisa dilakukan cara-cara berikut;
a.    Meningkatkan daya beli masyarakat dengan membuka berbagai proyek-proyek pemerintah.
b.    Mengarahkan  masyarakat  agar menggunakan pendapatannya untuk membeli barang dan jasa sehingga permintaan terhadap barang dan jasa meningkat.
c.    Menciptakan  teknik - teknik  pemasaran  dan  promosi yang menarik agar masyarakat tertarik membeli barang dan jasa.
3.        Cara Mengatasi Pengangguran Friksional
Pengangguran  friksional  terjadi karena adanya pekerja yang ingin pndah mencari pekerjaan yang  lebih  baik  dan  cocok di perusahaan lain. Untuk mengatasi pengangguran ini bisa dilakukan cara menyediakan sarana  informasi  lowongan kerja yang cepat, mudah dan murah kepada pencari kerja. Misalnya, dengan menempelkan iklan-iklan lowongan kerja di tempat-tempat umum.
4.        Cara Mengatasi Pengangguran Musiman
Pengangguran musiman  terjadi karena perubahan musim atau karena perubahan permintaan tenaga  kerja  secara berkala. Cara yang dilakukan untuk mengatasi pengannguran musiman, antara lain;
a.    Memberikan  latihan  keterampilan  yang  lain  seperti  menjahit,  mengelas,  menyablon,  dan membordir.  Dengan  demikian,  mereka  dapat  bekerja  sambil  menunggu  datangnya musim tertentu.
b.    Segera member informasi bila ada lowongan kerja di sektor lain.



























BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka kami dapat menyimpulkan hal-hal sebagai berikut :
1.      Pengangguran adalah seorang yang tergolong angkatan kerja dan ingin mendapat pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya.
2.      Pengangguran menyebabkan tingkat pendapatan nasional dan tingkat kemakmuran masyarakat tidak mencapai potensi maksimal yaitu masalah pokok makro ekonomi yang paling utama.
3.      Pengangguran di sebabkan oleh besarnya angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja, struktur lapangan kerja tidak seimbang, kebutuhan jumlah dan jenis tenaga terdidik dan penyediaan tenaga terdidik tidak seimbang, meningkatnya peranan dan aspirasi angkatan kerja wanita salam seluruh struktur angkatan kerja Indonesia, penyediaan dan pemanfaatan tenaga kerja antar daerah tidak seimbang. 

B.       Saran
Dari kesimpulan diatas maka kami dapat menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1.      Peningkatan mobilitas modal dan tenaga kerja
2.      Segera memindahkan kelebihan tenaga kerja dari tempat dan sektor yang kelebihan ke tempat dan sektor ekonomi yang kekurangan.
3.      Mengadakan pelatihan tenaga kerja untuk mengisi formasi kesempatan (lowongan) kerja yang kosong.
4.      Segera mendirikan industri padat karya di wilayah yang mengalami pengangguran.









DAFTAR PUSTAKA

Assauri Sofyan. 1997. Matematika Ekonomi. Jakarta. Penerbit Rajawali Pers.
Baridwan, Zaki. 1984. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPEE
Budiono, Dr. 2022. Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPEE
Chotib, Dzazuli, Suharmo. Tri, Abubakar, Catio.2007. Ekonomi. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
http://mediaindo.co.id
http://www.esdm.go.id/beritagas.php?news_id=468



























KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang masih menjadikan kita orang – orang tetap istiqomah di jalan da’wah ini, dan memberi kita akal untuk membedakan yang haq dan yang batil serta sebagai senajata untuk menaklukkan dunia dan isinya, menganugerahkan kita kemampuan untuk menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.
Sholawat serta salam buat baginda Rasulullah penutup segala Nabi, pembawa risalah yang agung, mujahid terbesar sepanjang zaman. Nabi Muhammad SAW bin Abdullah, semoga kita semua termasuk pengikut – pengikut beliau yang setia hingga akhir zaman nanti. Amin ……………
Terselesaikannya makalah ini tidak lepas dari bantuan semua pihak, baik bantuan sepatah atau dua patah kata, saya ucapkan banyak terimakasih. Karena tanpa bantuannya saya tidak berarti apa – apa. Kedua kalinya saya ucapkan banyak terimakasih kepada guru pengajar Bahasa Indonesia karena telah membimbing dan memberikan arahan dan masukan kepada kami. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kami mengharap kritik dan saran yang membangun demi tercapainya kesempurnaan makalah ini. Kami berharap semoga makalah ini dapat membawa manfaat khususnya bagi kami selaku penulis dan umumnya bagi anda selaku pembaca. Amin ……


Tambaksari,    September 2014

Penulis












Text Box: i
 


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................................ 1
B. Rumusan Masalah...................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan........................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Tentang Pengangguran............................................................ 3
B. Macam-macam Pengangguran................................................................... 3
C. Dampak Pengangguran.............................................................................. 5
D. Cara Mengatasi Pengangguran.................................................................. 6
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................. 8
B. Saran....................................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 9


















 



MAKALAH
TENTANG PENGANGGURAN



 














Disusun Oleh :
Yuyun Wahyuningsih
Kelas : IX A







SMP NEGERI 1 TAMBAKSARI

2014

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Bonus Video Klip

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes